Perbedaan Berbagai Jenis File Graphic dalam Dunia Design Grafis (Part 1)

Friday, October 28, 2011
JPG, GIF, TIFF, PNG, BMP. Apa yang mereka, dan bagaimana Anda pilih? Ini dan banyak jenis file lain yang digunakan untuk mengkodekan gambar digital. Pilihannya adalah sederhana daripada yang Anda kira.
Sebagian dari alasan untuk kebanyakan jenis file adalah kebutuhan untuk kompresi. File Gambar bisa sangat besar, dan jenis file yang lebih besar berarti penggunaan disk dan download lebih lambat. Kompresi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cara memotong ukuran file. skema Kompresi dapat lossy atau lossless oleh.
Alasan lain untuk banyak jenis file adalah bahwa gambar berbeda dalam jumlah warna yang dikandungnya. Jika suatu gambar memiliki beberapa warna, jenis file dapat dirancang untuk mengeksploitasi ini sebagai cara untuk mengurangi ukuran file.

Kompresi lossy vs lossless

Anda akan sering mendengar istilah kompresi "lossy" dan "lossless". Sebuah algoritma kompresi lossless mengabaikan informasi. Tampaknya cara-cara yang lebih efisien untuk merepresentasikan sebuah citra, sementara membuat tidak ada kompromi dalam akurasi. Sebaliknya, algoritma lossy menerima beberapa degradasi pada citra untuk mencapai ukuran file yang lebih kecil.
Algoritma lossless mungkin, misalnya, mencari pola yang berulang dalam file tersebut, dan menggantinya kejadian masing-masing dengan singkatan pendek, sehingga memotong ukuran file. Sebaliknya, algoritma lossy mungkin menyimpan informasi warna pada resolusi lebih rendah dari gambar itu sendiri, karena mata tidak begitu sensitif terhadap perubahan warna jarak kecil.

Jumlah warna

Gambar dimulai dengan jumlah berbeda dari warna di dalamnya. Gambar paling sederhana hanya dapat berisi dua warna, seperti hitam dan putih, dan akan membutuhkan hanya 1 bit untuk merepresentasikan setiap pixel. Banyak kartu PC awal video akan mendukung hanya 16 warna tetap. Kemudian kartu akan menampilkan 256 secara bersamaan, salah satu yang dapat dipilih dari kolam 2 24, atau 16 juta warna. kartu baru mengabdikan 24 bit untuk setiap pixel, sehingga mampu menampilkan 2 24, atau 16 juta warna tanpa pembatasan. Tampilan beberapa bahkan lebih. Sejak mata mengalami kesulitan membedakan antara warna yang sama, 24 bit atau 16 juta warna sering disebut TrueColor.

Jenis file

TIFF, pada prinsipnya, sebuah format yang sangat fleksibel yang dapat lossless atau lossy. Rincian dari algoritma penyimpanan foto yang dimasukkan sebagai bagian dari file. Dalam prakteknya, TIFF digunakan hampir secara eksklusif sebagai format penyimpanan citra yang menggunakan kompresi lossless sama sekali. Kebanyakan program-program grafis yang menggunakan kompresi TIFF tidak. Akibatnya, ukuran file yang cukup besar. (Kadang-kadang algoritma kompresi lossless disebut LZW digunakan, tetapi tidak universal didukung.)
PNG juga format penyimpanan lossless. Namun, berbeda dengan penggunaan TIFF umum, mencari pola dalam gambar yang dapat digunakan untuk kompres ukuran file. kompresi ini tepat reversibel, sehingga gambar dipulihkan tepat.
GIF menciptakan tabel sampai 256 warna dari kolam dari 16 juta. Jika gambar telah kurang dari 256 warna, GIF dapat membuat gambar tepat. Bila foto berisi banyak warna, perangkat lunak yang menciptakan GIF menggunakan salah satu dari beberapa algoritma perkiraan warna dalam gambar dengan palet terbatas 256 warna yang tersedia. Algoritma pencarian gambar yang lebih baik untuk menemukan set optimum 256 warna. Kadang-kadang GIF menggunakan warna terdekat untuk mewakili setiap pixel, dan kadang-kadang menggunakan "difusi error" untuk mengatur warna piksel terdekat untuk mengoreksi kesalahan dalam setiap pixel.
GIF mencapai kompresi dalam dua cara. Pertama, mengurangi jumlah warna gambar yang kaya warna, sehingga mengurangi jumlah bit yang dibutuhkan per pixel, hanya sebagai dijelaskan. Kedua, menggantikan sering terjadi pola (daerah terutama besar warna seragam) dengan singkatan pendek: bukannya menyimpan "putih, putih, putih, putih, putih," toko itu "5 putih."
Dengan demikian, GIF adalah "lossless" hanya untuk gambar dengan 256 warna atau kurang. Untuk gambar, warna yang kaya benar, GIF dapat "kehilangan" 99,998% dari warna.
JPG dioptimalkan untuk foto dan nada gambar terus menerus serupa yang berisi banyak, banyak warna. Hal ini dapat mencapai rasio kompresi yang mengejutkan bahkan sambil mempertahankan kualitas gambar yang sangat tinggi. Kompresi GIF tidak baik ke gambar tersebut. JPG bekerja dengan menganalisis gambar dan membuang jenis informasi yang mata paling tidak mungkin pemberitahuan. Menyimpan informasi sebagai warna 24 bit. Penting: tingkat kompresi JPG dapat disesuaikan. Pada tingkat kompresi gambar foto moderat, sangat sulit bagi mata untuk melihat perbedaan dari aslinya, bahkan pada perbesaran ekstrim. Faktor kompresi lebih dari 20 seringkali cukup dapat diterima. Lebih baik program grafis, seperti Paint Shop Pro dan Photoshop, memungkinkan Anda untuk melihat kualitas gambar dan ukuran file sebagai fungsi dari tingkat kompresi, sehingga Anda mudah dapat memilih keseimbangan antara kualitas dan ukuran file.
RAW adalah sebuah output gambar pilihan yang tersedia pada beberapa kamera digital. Meskipun lossless, itu adalah faktor tiga dari empat lebih kecil dari TIFF file gambar yang sama. Kerugiannya adalah bahwa ada format RAW yang berbeda untuk setiap produsen, dan sehingga Anda mungkin harus menggunakan perangkat lunak produsen untuk melihat foto. (Beberapa aplikasi grafis dapat membaca format RAW beberapa produsen.)
BMP adalah format proprietary terkompresi diciptakan oleh Microsoft. Sebenarnya tidak ada alasan untuk pernah menggunakan format ini.
PSD, PSP, dll, format proprieter yang digunakan oleh program grafis. file Photoshop memiliki ekstensi PSD, sedangkan Paint Shop Pro file menggunakan PSP. Ini adalah format bekerja lebih disukai seperti yang Anda mengedit foto di perangkat lunak, karena hanya format proprieter mempertahankan semua kekuatan editing program. Paket ini menggunakan lapisan, misalnya, untuk membangun citra yang kompleks, dan informasi layer mungkin akan hilang dalam format Nonproprietary seperti TIFF dan JPG. Namun, pastikan untuk menyimpan hasil akhir Anda sebagai standar TIFF atau JPG, atau Anda mungkin tidak dapat melihat dalam beberapa tahun ketika perangkat lunak Anda telah berubah.
Saat ini, GIF dan JPG adalah format yang digunakan untuk hampir semua gambar web. PNG didukung oleh sebagian besar browser generasi terbaru. TIFF ini tidak banyak didukung oleh browser web, dan harus dihindari untuk menggunakan web. PNG melakukan segalanya GIF tidak, dan lebih baik, sehingga diharapkan untuk melihat menggantikan GIF PNG di masa depan. PNG tidak akan menggantikan JPG, karena JPG mampu lebih banyak kompresi gambar foto, bahkan ketika diatur minimal cukup kehilangan kualitas.

Perbandingan ukuran file

Berikut adalah perbandingan antara gambar yang sama disimpan dalam beberapa jenis file yang populer. (Perhatikan bahwa tidak ada alasan untuk melihat lebih dari satu tiffs atau PNG Karena semua adalah format lossless, penampilan mereka adalah identik..)
Jenis berkas Ukuran Contoh Gambar
Tiff, tidak dikompresi
901K
Tidak dapat dilihat pada kebanyakan browser. Klik di sini untuk mencoba.
Tiff, kompresi LZW lossless (ya, yang sebenarnya lebih besar)
928K
Tidak dapat dilihat pada kebanyakan browser. Klik di sini untuk mencoba.
JPG, kualitas tinggi
319K
Klik di sini .
JPG, kualitas medium
188K
Klik di sini.
JPG, kualitas web yang biasa saya
105K
Klik di sini.
JPG, berkualitas rendah / kompresi tinggi
50K
Klik di sini.
JPG, bukan kepalang kompresi tinggi
18K
Klik di sini.
PNG, kompresi lossless
741K
Klik di sini .
GIF, kompresi lossless, tetapi hanya 256 warna
286K
Klik di sini.

Kapan sebaiknya Anda menggunakan setiap?

TIFF

Hal ini biasanya output kualitas terbaik dari kamera digital. Kamera digital sering menawarkan sekitar tiga pengaturan kualitas JPG ditambah TIFF. Sejak JPG selalu berarti setidaknya beberapa kehilangan kualitas, TIFF berarti kualitas yang lebih baik. Namun, ukuran file sangat besar bahkan dibandingkan dengan pengaturan JPG terbaik, dan keuntungan mungkin tidak terlihat.
Sebuah menggunakan lebih penting dari TIFF adalah sebagai format penyimpanan bekerja sebagai Anda mengedit dan memanipulasi gambar digital. Anda tidak ingin melewati beberapa beban, mengedit, menyimpan siklus dengan penyimpanan JPG, sebagai degradasi terakumulasi dengan masing-masing menyimpan yang baru. Satu atau dua JPG menghemat pada kualitas yang tinggi mungkin tidak terlihat, tetapi kesepuluh pasti akan. TIFF adalah lossless, sehingga tidak ada degradasi dikaitkan dengan menyimpan file TIFF.
JANGAN gunakan TIFF untuk gambar web. Mereka menghasilkan file-file besar, dan yang lebih penting, sebagian besar web browser tidak akan menampilkan tiffs.

JPG

Ini adalah format pilihan untuk hampir semua foto di web. Anda dapat mencapai kualitas yang sangat baik bahkan pada pengaturan kompresi cukup tinggi. Saya juga menggunakan JPG sebagai format utama untuk semua foto digital saya. Jika saya mengedit foto, saya akan menggunakan format proprietary software saya sampai selesai, dan kemudian simpan hasil sebagai JPG.
Kamera digital menyimpan dalam format JPG secara default. Beralih ke TIFF atau RAW meningkatkan kualitas pada prinsipnya, tetapi perbedaannya adalah sulit untuk melihat. Shooting di TIFF memiliki dua kelemahan dibandingkan dengan JPG: foto lebih sedikit per kartu memori, dan menunggu lebih lama antara foto-foto sebagai transfer gambar ke kartu. Aku jarang menembak dalam mode TIFF.
Jangan gunakan JPG untuk line art. Pada gambar seperti ini dengan area warna seragam dengan tepi tajam, JPG melakukan pekerjaan yang buruk. Ini adalah tugas-tugas yang GIF dan PNG sangat cocok. Lihat JPG vs GIF untuk gambar web .

GIF

Jika gambar Anda memiliki lebih sedikit dari 256 warna dan memiliki wilayah besar warna seragam, GIF adalah pilihan Anda. File-file akan menjadi kecil belum sempurna. Berikut adalah contoh gambar cocok untuk GIF:

JANGAN gunakan GIF untuk gambar fotografi, karena dapat mengandung hanya 256 warna per gambar.

PNG

PNG adalah nilai pokok dalam dua aplikasi:
  1. Jika Anda memiliki sebuah gambar dengan area besar persis warna seragam, tapi mengandung lebih dari 256 warna, PNG adalah pilihan Anda. strategi adalah mirip dengan GIF, tetapi mendukung 16 juta warna, bukan hanya 256.
  2. Jika Anda ingin menampilkan foto tepat tanpa kehilangan di web, PNG adalah pilihan Anda. PNG Kemudian generasi web browser dukungan PNG, dan merupakan satu-satunya format lossless yang mendukung browser web.
PNG lebih unggul GIF. Hal ini menghasilkan file yang lebih kecil dan memungkinkan warna yang lebih. PNG juga mendukung transparansi parsial. transparansi parsial dapat digunakan untuk tujuan yang bermanfaat, seperti memudar dan antialiasing teks. Sayangnya, Microsoft Internet Explorer tidak benar mendukung transparansi PNG, jadi untuk sekarang penulis web harus menghindari menggunakan transparansi di PNG gambar.

 

Format lain

Bila menggunakan perangkat lunak grafis seperti Photoshop atau Paint Shop Pro, file kerja harus dalam format berpemilik dari perangkat lunak. Simpan hasil akhir di TIFF, PNG, atau JPG.
Gunakan RAW hanya untuk di-kamera penyimpanan, dan menyalin atau dikonversi ke TIFF, PNG, atau JPG segera setelah Anda mentransfer ke PC Anda. Anda tidak ingin arsip gambar Anda berada dalam format proprietary. Meskipun beberapa program grafis sekarang dapat membaca format RAW untuk kamera digital banyak, adalah tidak bijaksana mengandalkan format eksklusif untuk penyimpanan jangka panjang. Apakah Anda bisa membaca file RAW dalam lima tahun? Dalam dua puluh? JPG adalah format yang paling mungkin dibaca dalam 50 years.Thus, adalah tepat untuk menggunakan RAW untuk menyimpan gambar di kamera dan mungkin untuk penyimpanan lossless sementara pada PC Anda, tetapi pastikan untuk membuat TIFF, atau masih lebih baik PNG sebuah atau JPG, untuk penyimpanan arsip.

Copyright @ 2014 Dragon Milanisti. Designed by | Hanny Prastya Hariyadi

About Me

Hanny P. H.

Never give up, it is my moto,,, Every problem there is certainly solution,,, 頑張って!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!...Read More

Pengunjung

Followers